Selasa, 01 Maret 2011

Menemukan Ide Pokok Bacaan

Dalam bahasa Indonesia, ide pokok disebut juga pikiran utama, pokok pikiran, ide pokok, gagasan utama, atau kalimat pokok. Keempat-empatnya bermakna sama serta mengacu kepada pengertian kalimat topik.
Ide pokok terdapat pada setiap paragraf. Biasanya, ide pokok dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat utama atau kalimat topik. Letak kalimat utama yang dinyatakan pada awal paragraf disebut paragraf deduktif. Pikiran utama mungkin mungkin juga dinyatakan pada akhir paragraf sebagai kesimpulan disebut paragraf induktif. Dan, disebut paragraf induktif-deduktif (campuran)
apabila pikiran utamanya terletak di awal dan ditegaskan kembali di akhir paragraf.
Setelah menemukan ide pokok bacaan pada paragraf, maka pada kalimat berikutnya adalah kalimat-kalimat penjelas yang di dalamnya juga memiliki gagasan-gagasan penjelas.

Contoh:
Laut kita merupakan sawah ladang yang sungguh tidak terkira nilainya. Tanpa harus mencangkul dan membajaknya, kita dapat dapat memanen hasilnya kapan saja. Laut pun tak meminta pupuk atau obat-obatan pengusir hama. Tak ada kata paceklik. Jika kita memiliki teknologi dan modal, musim barat atau musim timur bukan halangan. Sekiranya kita punya pengetahuan, tidak sulit mencari haluan untuk menebar jaring.

  • paragraf di atas adalah paragraf deduktif
  • Kalimat utama paragraf di atas adalah
    Laut kita merupakan sawah ladang yang sesungguh tidak terkira nilainya
  • Gagasan paragraf di atas adalah laut sawah ladang tidak terkira nilai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar