Kamis, 19 September 2013

PROPOSAL FIELD TRIP


1.Pendahuluan
            Pendidikan pada hakikatnya merupakan proses pengembangan kemampuan seseorang dalam menumbuhkan rasa percaya diri sendiri, serta sikap dan perilaku yang inovatif (ingin menemukan hal-hal baru yang lebih baik, dan kreatif/penuh daya cipta). Sebagai salah satu lembaga pendidikan di kota Palembang, SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang berupaya mengembangkan kemampuan anak didiknya dalam kegiatan Field Trip. Kegiatan ini diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan belajar dengan menciptakan suatu lingkungan atau kondisi yang baru dan sesuai dengan kenyataan yang ada. Hal ini akan berkaitan dengan proses KBM. Dengan pengenalan lingkungan,situasi,dan kondisi secara langsung dan nyata, siswa akan lebih mudah memahami dan memiliki pengalaman yang berharga, baik untuk menghadapi studi lebih lanjut maupun untuk pemakaian praktis dan penerapannya dalam proses KBM di sekolah serta di kehidupan sehari-harinya.

Pembangunan di bidang pendidikan mendorong suatu perubahan yang besar. Oleh karena itu siswa perlu membuka kepekaan dirinya terhadap lingkungannya, sebab zaman selalu berubah-ubah dan tak dapat tidak pendidikan harus disesuaikan dengan tuntutan zaman. Dapat dibayangkan bila siswa bersifat pasif, statis, dan tidak membuka matanya untuk melihat dunia luar, tak ada kemajuan yang dapat diraihnya dan beberapa hambatan dalam pencapaian prestasi belajar akan mendera.
            Kemajuan di bidang sosial, budaya, teknologi, komunikasi, dan sebagainya merupakan suatu berkah dalam pembangunan pendidikan di tanah air. Sayang rasanya bila tidak dinikmati, disaksikan, dirasakan, dan dimanfaatkan keberadaannya. Dengan menyaksikan aset wisata tanah air, dan kemajuan pembangunan dewasa ini, yang selama ini hanya didapati siswa melalui buku bacaan dan penjelasan guru di sekolah saja, tentunya akan membantu siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar.

2. Tujuan

            Kegiatan studi wisata ini bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mempertinggi kualitas generasi muda sebagai sumber daya manusia yang terampil dan handal yang dilandasi oleh iman dan takwa kepada  Tuhan Yang Maha Esa, yang mencintai dan peduli terhadap budaya bangsa, sesuai dengan keinginan dan cita-cita pendidikan nasional.
            Selain itu, kegiatan ini merupakan sarana siswa untuk mengekspresikan diri dalam berkomunikasi, berinteraksi, beradaptasi sosial dengan lingkungan yang dimasukinya. Dan diharapkan pula kegiatan ini mampu membentuk pola pikir yang kritis dengan memandang dunia secara cermat: apa dan mengapa serta bagaimana hal itu terjadi. Kondisi ini timbul setelah siswa membandingkan dengan situasi dan kondisi dimana mereka tinggal.

3. Waktu Pelaksanaan
    Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada:
          Hari ,tanggal          : Selasa-Rabu, 6-7 Maret 2013
          Pukul                      : 07.00 WIB s.d. selesai
Tujuan                    :
1.      Graha Teknologi Jaka Baring
2.      Balai Bahasa Sumsel Jaka Baring
3.      Museum Benteng Kuto Besak Palembang

4. Nama Kegiatan

Kegiatan ini diberi nama “Field Trip Kelas X SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang 2013”

5. Gambaran Umum Tempat

Gedung Graha Teknologi
Gedung ini terletak di Jln.Dekranasda kawasan Jaka baring Palembang. Dalam gedung ini akan ditemui berbagai media atau alat-alat peraga pelajaran, dan kemajuan-kemajuan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Melalui kunjungan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan cakrawala berpikir siswa khususnya dibidang Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).
6. Biaya (rincian terlampir)
    Guna memperlancar kegiatan ini tentunya diperlukan dana atau biaya yang diperuntukkan untuk kebutuhan:
1.      Transportasi Siswa
Dari SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang ke Graha Teknologi Jaka Baring               (P-P)   
    2.   Tiket Graha teknologi/parkir dan kebersihan               
    4.   Dokumentasi    
    5.   Konsumsi                                             
    6.   Adm.Surat-menyurat
    7.   dll.                                                                    
     Biaya per individu  Rp. 25.000,00

7. Peserta
    Peserta terdiri dari siswa berjumlah 280 dan 12  guru pendamping 

8. Susunan Panitia (terlampir)

Demikianlah Proposal Field Trip SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang ke Graha Teknologi Jaka Baring, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan kita bersama.
                                                                                                                                                                       
            Palembang, Februari   2013
       Mengetahui/menyetujui                                                               Ketua Panitia
       Kepala Sekolah                                       



        Dra Nurmawati                                                                           Rajab Agustini, S.Pd.
        NBM 874787                                                                              NBM 876192

Tidak ada komentar:

Posting Komentar