Minggu, 07 November 2010

Sumber-Sumber Belajar

Sumber-Sumber Belajar

    Belajar sebagai suatu usaha, membutuhkan sumber belajar. Seorang pelajar, dahulu kala dapat menjadikan lingkungannya sebagai sumber belajar selain buku dan guru. Namun saat ini, sumber belajar yang sangat besar dan luas potensinya dalam mengakomodir kebutuhan siswa akan bahan belajar adalah internet.

    Menyebut kata internet, mungkin sebagian orang tua, siswa bahkan guru agak apriori. Mungkinkah "mahluk" satu ini dapat menjadi sumber belajar yang baik bagi siswa ? Sikap yang sesungguhnya muncul dari belum akrabnya mereka dengan dunia internet ini.
  
    Memang tidak dapat dipungkiri bahwa, ekspos selama ini yang terkait dengan internet umumnya kurang positip. Kesan bahwa internet hanya berarti porografi dan permainan yang membuang waktu dan uang masih sering kita jumpai. Padahal, jika sudah berkenalan, kita akan segera menyadari, bahwa dunia internet adalah sebuah dunia yang menyediakan (almost) semua yang kita cari. menjawab pertanyaan yang mungkin tidak kita temukan di buku. mengingatkan kita pada hal-hal kecil yang mungkin kita lupakan. membangun motivasi dan keinginan untuk lebih maju dll.

    Jadi tinggal kita yang harus bijaksana dalam merambah dunia internet. Hal yang sesungguhnya sama dengan keadaan dunia nyata. Hal-hal baik, selalu pula di dampingi pilihan negatif. Tinggal si pemilih yang harus cerdas dan bijaksana dalam menjatuhkan pilihannya 

   Sebagai sumber belajar, internet memiliki kelebihan misalnya dapat dihubungi setiap saat. menyediakan banyak bahan belajar yang bervariasi, selalu relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Jadi, marilah kita tingkatkan pengetahuan kita di bidang pemanfaatan internet secara bijaksana, agar kita juga dapat memetik manfaat yang sebesar-besarnya dari dunia maya ini

 

1 komentar:

  1. gue suka banget dengan tulisan ini..semoga bermanfaat bagi kita semua,,,amin...

    BalasHapus